Informasi Serta Merta

PENGUMUMAN JALUR PENDAKIAN GUNUNG LAWU VIA CETHO DAN CEMORO KANDANG SERTA WANA WISATA PRINGGODANI DAN TAMAN SARASWATI

DITUTUP SEMENTARA SAMPAI DENGAN BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN.

 

Pengumuman jalur pendakian GUNUNG LAWU via Cetho dan Cemoro Kandang DIBUKA KEMBALI !

Kebijakan penutupan jalur pendakian dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Gunung Lawu. Beberapa pertimbangan yang disebutkan menjadi latar belakang penutupan jalur pendakian Gunung Lawu adalah:

1. Kejadian kebakaran Kawasan Hutan Lindung Gunung Lawu pada Rabu (30/8), di petak 42-1 dan petak 62A-2. Kawasan tersebut masuk dalam Resort Pemangkuan Hutan Tlogodringo BKPH Lawu Ultra.

2. Prakiraan Kepala Stasiun Meteorologi kelas II Akhmad Yani Semarang dalam rapat Koordinasi antisipasi Karhutla di Polres Karanganyar tanggal 23 Agustus 2023. Diprediksi musim kemarau tahun 2023 di wilayah Kabupaten Karanganyar durasinya akan lebih panjang dan lebih kering dan baru akan memasuki musim penghujan pada mulai 11 November 2023.

3. Arahan Kepala Divisi Regional Jawa Tengah untuk mitigasi kebakaran pada lokasi jalur pendakian Gunung dalam wilayah Jawa Tengah.
Penutupan jalur pendakian Gunung Lawu diberlakukan Sabtu (9/9) malam pukul 20.00 WIB sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Selanjutnya, akan dilakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk memasang pengumuman penutupan sementara jalur pendakian Gunung Lawu.

 

Pengumuman jalur pendakian GUNUNG LAWU via Cetho dan Cemoro Kandang Sementara ditutup, sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan !

Sebelumnya, jalur pendakian Gunung Lawu tutup sementara sejak 9 September 2023 untuk mengantisipasi kebakaran hutan yang rawan terjadi pada musim kemarau.
Setelah dua bulan ditutup, jalur pendakian Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar segera dibuka. Jalur pendakian baik via Candi Cetho di Kecamatan Jenawi, Cemoro Kandang di Kecamatan Tawangmangu dan Tambak di Kecamatan Ngargoyoso ditargetkan dibuka pekan depan. Berbagai persiapan pembukaan jalur pendakian Gunung Lawu telah dilakukan. Termasuk melakukan pengecekan kondisi jalur pendakian selepas kebakaran hebat melanda kawasan puncak Gunung Lawu pada Oktober lalu. Setidaknya seluas 185 hektare lahan di kawasan puncak Gunung Lawu tersebut hangus terbakar.