Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay/Pondok Wisata tahun 2022

Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay/Pondok Wisata tahun 2022 merupakan kegiatan yang dibiayai menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kepariwisataan tahun 2022, yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar. Tahun 2022 Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay/ pondok wisata dilaksanaan di Hotel Indah Palace Tawangmangu selama tiga hari dimulai pada hari / tanggal Rabu – Jumat, 15 – 17 Juni 2022.

Sebanyak 45 (empat puluh) pelaku usaha homestay yang tersebar di Daya Tarik Wisata  di Kabupaten Karanganyar. Dengan mengundang narasumber baik praktisi maupun akademisi profesional pada bidangnya. Beberapa materi  yang disampaikan seperti Kebijakan dan Program Pembangunan Homestay/ Pondok Wisata, Homestay / Pondok Wisata dalam Sistem Kepariwisataan, Standar Usaha Homestay/ Pondok Wisata, Pengelolaan dan Pelayanan Homestay/ Pondok Wisata, Penyelenggaraan Usaha Homestay / Pondok Wisata pada masa penanganan Covid-19, dan dilanjutkan dengan diskusi dan kunjungan. Adapun kunjungan homestay dilaksanakan di Desa Wisata Kembang Desa Dawung Matesih dan Kampung Wisata Sewu Kembang Nglurah Tawangmangu.

Di Desa Wisata Kembang Desa Dawung peserta dapat belajar langsung pembuatan bakpia khas Kembang Desa Dawung. Terdapat berbagai macam varian isian seperti kacang hijau, coklat, keju, ubi ungu dan lain sebagainya. Selain itu peserta juga belajar mengenai pertanian anggur yang sudah berkembang baik di Desa Wisata Kembang Desa Dawung Matesih. Selanjutnya di Kampung Wisata Sewu Kembang Nglurah Tawangmangu peserta belajar mengenai pengelolaan homestay yang sudah berkembang baik.

Tujuan dari terselenggaranya kegiatan tersebut yaitu ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola homestay/pondok wisata dalam menyediakan pelayanan kepada wisatawan yang tinggal di daerah tujuan wisata. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing, citra wisata dan lama tinggal wisatawan sehingga berdampak ganda bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karanganyar.

Lasmanto salah satu peserta dari Desa Wisata Kembang Desa Dawung menuturkan “Kami besyukur dengan adanya kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay/ Pondok Wisata ini. Kami difasilitasi dengan baik selama 3 hari pelatihan. Tentunya banyak ilmu yang kami dapat. Terima kasih untuk Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar”.