Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2021

Meningkatkan pengetahuan, motivasi, kompetensi dan mengembangkan SDM Pariwisata terutama Desa Wisata di Kabupaten Karanganyar merupakan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2021. Kegiatan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2021 diselenggarakan pada hari/ tanggal : Rabu – jumat / 27 – 29 Oktober 2021 di Hotel Indah Palace Tawangmangu dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kepariwisataan tahun 2021, yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 (empat puluh) peserta dari 24 Desa Wisata yang sudah ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Karanganyar, dan 5 Desa yang akan merintis menjadi Desa Wisata. Beberapa materi  yang disampaikan oleh narasumber akademisi dan praktisi pada kegiatan tersebut seperti Kebijakan dan program Pembangunan Kepariwisataan Daerah untuk Pengembangan Desa Wisata, Desa Wisata dalam sistem Kepariwisataan, Membangun Masyarakat Desa Sadar Wisata melalui Sapta Pesona, Membangun Kelembagaan Pengelolaan Desa Wisata, Pengembangan dan Pengelolaan Produk Pariwisata Berbasis Masyarakat, Pengelolaan Desa Wisata pada masa penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Selain materi juga kunjungan lapangan di Desa Wisata Berjo berdiskusi dengan Kepala Desa Berjo Bapak Suyatno dan Direktur BumDes Desa Berjo.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan Kepala Desa Desa Wisata di Kabupaten Karanganyar untuk mendengarkan pengarahan dan pembinaan kebijakan pengelolaan Desa wisata oleh Bupati Karanganyar, Drs. H.Juliyatmono.,M.M. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan “akan ada stimulan untuk desa – desa wisata di Kabupaten Karanganyar, agar pengelola lebih bersemangat dalam mengembangkan desa wisata”. Tentunya hal tersebut disambut gembira bagi Kepala Desa dan Pengelola Desa Wisata.