Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Tata Kelola Bisnis Destinasi Pariwisata tahun 2021

Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata tahun 2021 merupakan kegiatan pelatihan bagi SDM Pariwisata yang bergerak dalam bidang destinasi Wisata yang ke tiga kalinya dilaksanakan di Kabupaten Karanganyar setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2019 dan tahun 2020. Kegiatan yang diikuti oleh 40 pengelola Destinasi Wisatabaik wisata alam, wisata buatan maupun misata budaya.

Kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kepariwisataan tahun 2021, yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar ini dilaksankan selama tiga hari, yaitu pada hari/tanggal 9 – 11 November 2021 di Hotel Solo Lor In Colomadu Karanganyar . Tujuan dari terselenggaranya kegiatan tersebut yaitu meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kemampuan pengelola Destinasi Pariwisata dalam menyediakan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung di destinasi wisatayang tujuan akhirnya adalah meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Karanganyar dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karanganyar.

Beberapa narasumber baik praktisi maupun akademisi profesional pada bidangnya telah menyampaikan materi – materi yang dibutuhkan oleh pengelola Destinasi Wisatadiantaranya Penyelenggaraan Tata Kelola dan bisnis di Destinasi Pariwisata, Tata Kelola Destinasi Pariwisata, Pengelolaan Bisnis dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata dan Destinasi Wisata yang Berdaya Saing, Pemasaran Destinasi Pariwisata dan diakhiri dengan diskusi dan kunjungan lapangan. Kegiatan kunjungan lapangan dilaksankan di De Tjolomadoe Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Disana peserta dapat belajar mengenai pembuatan QR Code di Destinasi Pariwisata, Pembuatan sertifikat CHSE dan tata kelola destinasi di De Tjolomadoe.

Vitara salah satu peserta dari Padepokan Gedong Putih menuturkan kesan setelah mengikuti kegiatan Tata Kelola Bisnis Destinasi Wisata bahwa “Terima kasih kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik, yang mana ilmunya sangat berguna bagi kami untuk mengembangkan daya tarik dan memajukan Kabupaten Karanganyar”