Pelatihan Pemandu Wisata Alam Tahun 2021

Peningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu wisata alam serta keterampilan tentang teknik dasar pramuwisata, serta bagaimana menjadi pramuwisata yang baik dapat tercapai dengan adanya usaha – usaha yang perlu dilaksankan untuk terciptanya pemandu wisata alam yang handal dan professional. Salah satunya dengan adanya Pelatihan Pemandu Wisata Alam Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan ketiga yang sebelumnya dilaksankan pada tahun 2019 dan 2020.

Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Tahun 2021 dilaksankan pada hari/ tanggal : Senin – Rabu/ 20 – 22 September 2021 dengan peserta sebanyak 40 orang yang diambil dari pemandu wisata jeep di daerah Kecamatan Tawangmangu dan Kecamatan Ngargoyoso. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jawa Dwipa Heritage Resort & Convention Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Beberapa materi seperti merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan kepemanduan, mengenali dan Memandu Wisatawan, membina Hubungan dengan Masyarakat dan Kolega, penyelenggaraan Kegiatan Wisata yang Meminimalkan Dampak Negatif terhadap Lingkungan dan Sosial Budaya, interpretasi dalam pemanduan, penyelenggaraan Kegiatan Penanganan di Masa Covid-19 serta diskusi dan kunjungan di Bumi Perkemahan Sekipan. Dalam kunjungan tersebut peserta dapat mempraktekkan teori yang sudah disampaikan oleh narasumber praktisi maupun akademisi yang kompeten dibidangnya.