PEMBERSIHAN SAMPAH DAN PENANAMAN POHON DI GUNUNG LAWU KARANGANYAR

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar mengikuti Kegiatan Pembersihan Sampah dan Penanaman Pohon di Gunung Lawu Karanganyar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 20 Desember 2023 di daerah sekitar Gunung Lawu. Sebanyak 23.600 bibit pohon berbagai jenis ditaman di kawasan Gunung Lawu dalam rangka penghijauan di wilayah terdampak Kebakaran Hutan dan Lahan. Kepala DISPARPORA Menghadiri kegiatan tersebut.

Gerakan sosial peduli alam itu, dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, serta didampingi Pangkostrad, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi, serta Pangdam IV/Diponegoro.Pelaksanaan penghijauan disebar ke 3 titik mulai dari Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, serta Kabupaten Magetan dan Ngawi, Jawa Timur. Secara simbolis, penghijauan di pusatkan di kawasan Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Adapun, dalam kegiatan itu melibatkan sekitar 2.010 personil gabungan mulai dari TNI-Polri, Relawan dan Masyarakat.K Permasalahan lingkungan hidup sudah menjadi perhatian dunia dan Indonesia mempunyai resiko kerusakan yang tinggi, oleh karena itu kegiatan semacam ini perlu dilanjutkan sebagai upaya kita bersama dalam menghijaukan kembali alam Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan dengan skala terbesar yang dilakukan secara swadaya dalam penghijauan lahan di Indonesia yang semoga kedepannya akan terus berlanjut dengan skala yang lebih besar.Giat pembersihan dan penghijauan juga diwarnai penyerahan pohon secara simbolis oleh Kasad kepada 12 orang perwakilan serta pelepasan burung tekukur oleh Rombongan Kasad.Adapun sebelumnya, telah dilaksanakan pembersihan sampah sebanyak 50 ton dari kawasan Gunung Lawu oleh jajaran anggota TNI bersama relawan.