LAUNCHING KAMPUNG WAYANG DAN UMBUL DONGA MENYONGSONG PEMIMPIN BANGSA

Dinas  Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar melaksankan kegiatan lounching Kampung Wayang dan umbul dongo menyongsong Pemimpin Bangsa di Dusun Sawahan Desa Jaten. Pada kesempatan ini Bapak Pj Bupati Kabupaten Karanganyar yang didampingi oleh Kepala DISPARPORA Kabupaten Karanganayar menghadiri kegiatan tersebut. Ratusan masyarakat di Dusun Sawahan, Desa/Kecamatan Jaten, Karanganyar. Pada hari Sabtu, 10 Februari 2024 Umbul donga ini digelar guna mapak pemimpin untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Mengingat saat ini sudah memasuki masa kampanye dan jelang hari tenang untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pantauan Radar Karanganyar, umbul donga mapak pemimpin yang dilakukan oleh ratusan warga di Dusun Sawahan tersebut yakni dengan menggelar kirab dan pentas wayang kulit dengan lakon sesaji raja suya.Kirab sendiri dilakukan sepanjang kurang lebih 500 meter berjalan dari jalan masuk kampung Sawahan sampai ke halaman sanggar madangkara.

Selama perjalanan, selain membawa gunungan wayang serta tokoh wayang puntadewa, yang dipercaya sebagai sosok pemimpin yang baik dan berwibawa.Mereka juga membawa salah satu gunungan hasil bumi yang mereka susun khusus untuk umbul donga.Menurut salah satu koordinator kegiatan Cahyo Kuntadi, saat berbincang dengan wartawan mengungkapkan, bahwa kegiatan umbul donga tersebut sengaja digelar oleh warga di Desa Jaten.

Sebelumnya telah dikukuhkan sebagai kampung wayang, lantaran mereka mengharapkan agar pesta demokrasi atau pemilu 2024 akan menghasilkan pemimpin yang sama seperti tokoh wayang Puntadewa.Pj Bupati berharap semoga dengan adanya kegiatan umbul donga yang digelar masyarakat di Desa Jaten ini, akan membawa nilai positif.Tidak hanya untuk pemimpin indonesia pada umumnya, akan tetapi juga untuk kabupaten Karanganyar.