Astana Giribangun

Astana Giribangun merupakan makam keluarga Presiden Republik Indonesia ke-2Soeharto. makam ini terletak tepatnya di Desa GirilayuKecamatan MatesihKabupaten KaranganyarProvinsi Jawa Dengan harga tiket sebesar Rp 5000 per orang dengan jam buka pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB Tengah komplek makam Astana Giribangun ini mempunyai tiga tingkatan cungkup (bangunan makam): cungkup Argo Sari teletak di tengah-tengah dan sangat tinggi, di bawahnya cungkup Argo Kembang, dan sangat paling bawah cungkup Argo Tuwuh. 

Argosari Makam yang lebar itu terdiri dari beberapa anggota. Di selangnya merupakan anggota utama yang dinamakan Cungkup Argosari yang berada di dalam ruangan tengah seluas 81 meter persegi dengan dilindungi cungkup berupa rumah wujud joglo gaya Surakarta beratap sirap. Dinding rumah terbuat dari kayu berukir gaya Surakarta pula. Argokembang Anggota yang berada di luar lokasi utama merupakan Cungkup Argokembang seluas 567 meter persegi.

Tempat ini tersedia tempat bagi 116 badan. Yang bisa dimakamkan di lokasi itu merupakan para pengurus pleno dan seksi Yayasan Mangadeg ataupun keluarga luhur Mangkunegaran lainnya yang dianggap berfaedah kepada yayasan yang mengajukan permohonan kepada dimakamkan di astana tersebut. Argotuwuh Sangat luar merupakan Cungkup Argotuwuh seluas 729 meter persegi. Tempat ini tersedia tempat bagi 156 badan.

Seperti halnya Cungkup Argo Kembang, yang berhak dimakamkan di lokasi itu merupakan para pengurus Yayasan Mangadeg ataupun keluarga luhur Mangkunegaran lainnya yang mengajukan permohonan.

Pin It on Pinterest

Share This